Berita terkini, informasi terbaru Indonesia

Pentingnya Mengendalikan Emosi, Simak 10 Tips Berikut Ini!

Foto: iStock/SoraPop

Setiap orang pasti memiliki emosi di dalam dirinya. Sesuatu yang turut serta mempengaruhi tindakan yang akan dilakukan. Menurut peneliti bernama Crow dan Crow, emosi diartikan sebagai suatu keadaan yang bergejolak di dalam diri seseorang yang berfungsi sebagai inner adjustment atau penyesuaian dari dalam terhadap lingkungan untuk mencapai kesejahteraan dan keselamatan hidup. Proses adaptasi seseorang dengan lingkungan juga mempengaruhi bagaimama emosi di dalam diri seseorang. Pada artikel ini yang dimaksudkan adalah emosi yang kurang baik yang menguasai diri seseorang. Anda akan belajar untuk tips mengendalikan emosi agar tidak salah dalam bertindak. 

Ada berbagai macam bentuk emosi yang dapat terjadi pada diri seseorang. Terkejut, marah, kecewa, sakit, takut, tegang, terpesona, beberapa hal ini juga termasuk dalam kategori emosi. Bagaimana caranya supaya Anda tidak terjebak pada emosi yang negatif? Seperti marah yang meledak-ledak. Sebenarnya Anda hanya perlu tahu caranya untuk mengendalikan emosi negatif ini. Berikut di antaranya tips agar Anda tidak dikuasai oleh emosi negatif tersebut. 

Cara Mengendalikan Emosi

1. Diam Sejenak

Jika Anda masih merasa sulit untuk mengontrol emosi, coba diamlah sejenak. Jangan biarkan diri Anda dikuasai oleh emosi negatif. Bisa jadi hal ini berimbas pada orang-orang di sekitar Anda. Ketika Anda merasa sedang tidak baik-baik saja, emosi amarah meledak-ledak atau pikiran negatif menghantui diri Anda, hindari kontak langsung dengan orang lain sejenak. 

Tenangkan diri Anda. Redamlah emosi itu dengan diam sejenak. Jangan bicara dengan orang lain terlebih dahulu. Bila keadaan sudah lebih baik, baru Anda membuka diri kembali dan beraktivitas seperti semula. Hal ini akan menghindarkan diri Anda dari situasi yang tidak diinginkan. 

2. Teknik Pernapasan 4-7-8

Selain untuk mengatasi insomnia, teknik pernapasan 4-7-8 ini akan membuat Anda jauh lebih tenang dan rileks. Ini adalah sebuah teknik yang diciptakan oleh Dr. Andrew Weil yang merupakan seorang profesor di fakultas kedokteran University of Arizona. Dr. Andrew menciptakan teknik ini berdasarkan komponen utama yoga yang disebut dengan ‘pranayama’

Secara sederhana, teknik pernapasan ini dilakukan dengan menarik napas selama 4 detik dari hidung, lalu menahannya selama 7 detik, terakhir menghembuskannya selama 8 detik melalui mulut. Lakukan hal ini empat kali atau sampai Anda merasa tenang. Jiuka Anda merasa sulit untuk rileks, coba lakukan teknik pernapasan ini.

3. Tersenyumlah

Terkadang untuk tersenyum membutuhkan tenaga ekstra untuk melakukannya. Apalagi pada situasi yang sedang kalut. Kesedihan, ketakutan, kecemasan, marah, hal ini yang menguasai diri dan sulit sekali Anda untuk mengendalikannya. Sejenak lupakan masalah dan tersenyumlah. Katakan pada diri ‘I can control my self. Keep calm and do something good today.’ Redakan emosi Anda terlebih dahulu dan hadapi masalah yang membuat Anda berada di situasi sulit ini. Anda yang memiliki kendali atas diri. Jangan biarkan emosi negatif menguasai. 

4. Relaksasi Otot

Lakukanlah olahraga ringan seperti menggerakkan leher, stretching,  menggoyangkan bahu, dan olahraga ringan lainnya yang akan membuat tubuh Anda lebih rileks. Kendurkan perlahan otot-otot yang tegang dan atur pernapasan. Tips ini cukup akan sedikit membantu Anda untuk mengendalikan emosi. 

5. Dengarkan Musik

Mendengarkan alam bisa menjadi salah satu cara untuk mengendalikan emosi. Entah dengan mendengarkan musik atau instrumen alam akan membuat Anda jauh lebih tenang. Musik akan membawa ke dunia baru yang lebih damai untuk Anda. Melupakan sejenak kepenatan dalam pikiran, dan dengarkan sesuatu yang Anda sukai, pasti Anda akan merasa jauh lebih baik dari sebelumnya. 

6. Lakukan Hal Baru

Melakukan hal baru atau sesuatu yang berbeda dari sebelumnya akan mengalihkan perhatian Anda dari keributan di pikiran. Lakukanlah hal baru, petualangan baru yang belum pernah Anda rasakan. Hidup Anda akan jauh lebih berwarna dan emosi yang sulit dikendalikan tadi lambat laun akan mereda sendiri. Anda hanya perlu suasana baru untuk menjadi lebih baik. 

7. Menyatu dengan Alam

Salah satu cara untuk merefresh kembali pikiran adalah menyatu dengan alam. Maksudnya di sini adalah lakukanlah aktivitas yang membuat Anda melihat lingkungan sekitar yang tenang dan damai. Pemandangan hijau sawah dan kebun teh yang terbentang luas, suara gemericik air yang menjadi alunan musik alam yang indah, eksplorasilah dunia di sekeliling Anda. Kejenuhan, kepenatan, dan emosi yang tidak stabil itu akan segera mereda. Alam punya obat tersendiri untuk  membuat Anda jauh lebih baik. 

8. Tuliskan sesuatu yang akan Mengendalikan Emosi Anda

Bagi sebagian orang menulis adalah jalan ninja untuk mengendalikan emosi. Segala sesuatu yang meresahkan dan menggelisahkan diri Anda coba tuangkan di atas kertas. Bahkan ketika Anda merasa jengkel dengan seseorang dan tak kuasa untuk menyampaikannya kepada yang bersangkutan, coba tuliskan saja. Hal ini efektif untuk menyederhanakan pikiran dan perasaan yang sedang bergejolak di dalam diri Anda. Bantulah diri Anda untuk memahami situasi yang sulit ini. Tuliskan segala emosi yang Anda rasakan. Seiring berjalannya waktu, Anda akan merasa lebih baik.

9. Menangislah jika memang diperlukan

Tak ada yang salah dengan hal ini. JIka memang Anda merasa menangis Anda merasa lebih baik, maka lakukan saja. Emosi tak perlu ditahan. Menangislah jika memang diperlukan, ini bukanlah sesuatu yang memalukan. Baik laki-laki maupun perempuan, jika situsi sulit sedang Anda hadapi saat ini dan tidak tahu harus berbuat apa selain menangis, maka lakukan saja. Release lah emosi  itu. Lalu hadapi dan jalani hbari-hari Anda dengan normal seperti biasanya. Walaupun mungkin masalahnya belum selesai, setidaknya emosi Anda telah tersalurkan. Daripada orang lain yang terkena imbasnya dari emosi Anda yang tidak stabil, menangis bisa mengurangi hal tersebut.

10. Hubungi Profesional

Jika tips di atas belum juga dapat membuat Anda mampu mengendalikan emosi, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah hubungi profesional. Mereka akan memberikan treatmen yang tepat untuk situasi sulit yang Anda hadapi. Dengan ilmu yang telah dipelajari, pastinya para profesional lebih jitu mengenali sebab dan akar masalah dari emosi Anda yang tidak stabil. Jangan ragu untuk datang ke profesional. Karena Anda juga perlu menjaga kesehatan mental agar hidup menjadi lebih tenang dan damai. Tenaga profesional menjadi salah satu jalan untuk membuat Anda lebih baik.

Demikian tadi adalah 10 tips yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan emosi. Semoga sedikit membantu untuk membuat Anda merasa lebih baik. Tak perlu menyangkal atau meredam emosi yang memang harus dikeluarkan. Hanya saja Anda perlu mengendalikannya untuk dikeluarkan menjadi hal yang positif. Tidak merugikan diri Anda, terlebih lingkungan di sekitar Anda. Karena Anda lah orang yang dapat mengendalikan diri Anda sendiri. Jadi, mari kita mengenali diri lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *