Berita terkini, informasi terbaru Indonesia

5 Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mental

Foto: istock/ThitareeSarmkasat

Menurut WHO (World Health Organization), kesehatan mental adalah kondisi sejahtera seseorang. Kesehatan mental ini adalah dasar yang sangat penting bagi seseorang karena hal ini akan mempengaruhi bagaimana ia memandang dirinya, lingkungannya, dan memahami dunia di sekelilingnya. Kesehatan mental yang baik cirinya adalah :

  • Ketika seseorang menyadari kemampuannya
  • Ketika seseorang mampu mengelola stres yang terjadi pada dirinya
  • Ketika seseorang mampu beradaptasi dengan baik
  • Ketika seseorang dapat bekerja secara produktif
  • Ketika seseorang mampu berkontribusi untuk lingkungannya. 

Ada banyak faktor yang dapat mengganggu kesehatan mental seseorang. Bisa jadi karena tekanan yang ia alami dalam kehidupan sehari-harinya, trauma yang dialami saat kecil, tidak menemukan supporting system, gaya hidup yang tidak sehat, lingkungan yang toxic dan lain-lain. 

Umumnya jika seseorang mengalami masalah pada kesehatan mental, pasti ada perubahan pada pikiran, perilaku, dan perasaannya. Beberapa tanda perubahan yang bisa dilihat adalah:

Pikiran

  • Negative thinking
  • Sulit membuat keputusan
  • Lebih lambat dalam proses berpikir

Perasaan 

  • Moodswing, emosi berubah dengan cepat
  • Putus asa dan tidak berdaya
  • Cemas berlebihan, marah, takut, sedih

Perilaku

  • Tidak berenergi untuk memulai aktivitas
  • Makan dan tidur tidak teratur
  • Menghindari lingkungan sekitar dan pekerjaan 

Ini hanya beberapa contoh yang mengindikasi bahwa Anda sedang mengalami masalah dengan kesehatan mental. Beban hidup yang semakin meningkat dan tantangan baru yang dihadapi seseorang di dalam hidupnya bisa jadi merupakan penyebab dari perubahan di tiga aspek di atas. Pikiran, perasaan, dan perilaku yang tidak bisa dijelaskan kenapa dan ada apa sebenarnya yang terjadi di dalam diri ini perlu dicari tahu akar masalahnya di mana. 

Kesehatan mental seseorang sangat penting untuk diperhatikan. Jangan anggap sepele jika terjadi sesuatu dalam diri Anda. Menjaga kesehatan mental juga akan berpengaruh dalam segala aspek di kehidupan Anda, termasuk kesehatan fisik. 

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Setelah Anda mengetahui tanda-tanda masalah kesehatan mental, Anda perlu mengantisipasi agar tidak terjadi hal buruk saat Anda mengalaminya. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. 

  1. Buat Jurnal Syukur Setiap Hari

Jurnal syukur yang konsisten Anda buat sehari-hari ini akan sangat membantu Anda memaknai hidup Anda lebih baik dari sebelumnya. Oprah Winfrey, dalam bukunya “What I Know for Sure” atau versi terjemahan bahasa Indonesia “Yang Aku Tahu dengan Pasti”, ia membagikan sebuah tips untuk menuliskan jurnal syukur, 5 hal yang perlu disyukuri setiap bangun di pagi hari. Jika Anda rutin melakukannya, lihatlah perubahan baik yang akan terjadi dalam hidup Anda

  1. Fokus pada hal yang Anda lakukan saat ini

Salah satu penjara yang Anda ciptakan sendiri adalah terlalu memikirkan dunia luar yang bahkan mencemaskan sesuatu yang belum tentu terjadi. Fokuslah pada diri Anda dan apa yang Anda lakukan saat ini. Sesuatu yang hebat akan terjadi dalam hidup Anda jika satu hal Anda tekuni dalam hidup. Tak perlu mencemaskan hal yang di luar kendali Anda. Fokuslah pada sesuatu yang bisa Anda kendalikan.

  1. Berolahraga Rutin

Rutin berolahraga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Pikiran juga lebih terbuka dan jiwa bisa terkoneksi dengan lingkungan sekitar. Menghirup udara segar di pagi hari, menikmati suasana sejuk jalanan dan hiruk pikuk aktivitas di sekitar Anda pasti akan merefresh kembali pikiran yang sedang suntuk. 

  1. Jam Tidur Teratur

Sekuat-kuatnya tubuh Anda, pasti butuh istirahat juga. Jangan dipaksa hingga batas limit yang bisa Anda lakukan. Tubuh punya hak untuk istirahat, paling tidak selama 6 jam sehari. Jika tidak, tubuh lama-lama akan tumbang dan sakit. Baru-baru ini ada sebuah berita seorang remaja mengalami stroke di usia 19 tahun (*). Hal ini adalah akibat dari kebiasaannya begadang setiap hari. Maka dari itu, jam tidur yang teratur sangat penting untuk diperhatikan. 

  1. Pola Hidup Sehat

Selain berolahraga dan tidur teratur, pola hidup sehat juga perlu dijaga. Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh juga sangat mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Makanan bernutrisi, olahraga rutin, dan jam tidur yang teratur adalah tiga hal yang tidak dapat dipisahkan. Secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan mental seseorang. 

  1. Tetap terkoneksi dengan Orang Lain

JIka Anda merasa ada yang tidak beres dengan diri Anda, jangan mengurung diri sendiri di kamar. Justru yang Anda butuhkan adalah seseorang yang mengerti dan mau mendengar Anda. Jika hal ini terus Anda pendam, akan memperparah kondisi kesehatan mental Anda. Tetaplah mencari koneksi dengan orang lain. Entah dengan bertemu secara langsung, maupun melalui media sosial. 

  1. Kenali Diri Anda lebih dalam 

Saat Anda bisa mengenali diri Anda lebih baik, maka masa-masa sulit yang Anda hadapi akan lebih mudah untuk Anda jalani. Adaptasi terhadap situasi saat ini menjadi lebih mudah. Walaupun tidak sepenuhnya masalah terselesaikan. Tetapi stress jauh lebih bisa Anda kelola dan Anda tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. 

  1. Terapi Menulis

Poin pertama pada tips yang telah dibagi di atas masih berhubungan dengan hal ini. Terapi menulis ini adalah sebuah cara yang bisa meredakan berbagai hal yang sedang bergejolak di dalam pikiran dan diri Anda. Almarhum BJ Habibie telah mencoba terapi ini untuk mengatasi sakit yang beliau derita ketika Ibu Ainun meninggal dunia. Bahkan karyanya dibukukan dan difilmkan ke layar lebar. 

  1. Salurkan kreativitasmu

Setiap orang memiliki kreativitas yang berbeda. Ada yang menyanyi, bermain musik, melukis, dan apapun kreativitas yang dimiliki. Kuncinya adalah berkarya. Membuat waktu yang dilewati saat ini menjadi sesuatu yang berarti. Hal ini juga bisa merelease stress ke arah yang lebih baik. Pilih sebuah hobi yang Anda sukai, dan tekuni hal ini hingga Anda menjadi mahir di bidang ini. 

  1. Hubungi Profesional

Jika beberapa hal di atas masih belum bisa mengatasi masalah kesehatan mental yang Anda alami, hubungi profesional. Seorang psikolog akan membantu Anda mengenali akar masalah dan memberikan terapi yang tepat untuk kasus Anda. Temukan tenaga profesional yang cocok dengan Anda. Semoga kesehatan mental Anda semakin membaik setiap harinya.

Demikian beberapa tips mengatasi kesehatan mental yang bisa Anda praktikkan. Semoga Anda dan kita semua sehat baik mental, fisik, maupun spiritualnya. Mampu menjalani hari-hari dengan lebih berarti.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *