Berita terkini, informasi terbaru Indonesia
Food  

10 Oleh-Oleh Khas Malang yang Wajib Dibeli

apple strudel

Malang memang termasuk salah satu kota wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari lokal maupun mancanegara. Ada banyak wisata yang bisa dikunjungi di kota bunga ini. Mulai dari  wisata alam, wisata kuliner, wisata yang menguji adrenalin, Malang punya banyak destinasi. Ada Jawa Timur Park 1,2, dan 3, Batu Night Spectaculer, Selecta, Musium Angkut, Paralayang, Air Terjun Coban Rondo, dan masih banyak lagi. Berlibur di suatu tempat tidak lengkap rasanya jika tidak membeli buah tangan untuk dibawa pulang. Malang punya banyak pilihan untuk oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa ke kampung halaman. Beberapa di antaranya adalah berikut ini:

1. Apel Malang

Jika Anda berlibur ke malang, pasti ada banyak penjual apel yang berjejer di pinggir jalan. Di ini, buah apel tersedia melimpah dan selalu segar karena dipetik dari kebun sendiri. Batu dan Malang memang surganya apel. Anda juga bisa berlibur untuk memetik apel secara langsung di kebun dengan mengunjungi agrowisata petik apel di Wisata Apel Agro Rakyat di Sidomulyo, Kec.Batu dan Kusuma Agrowisata. Atau ke Agro Wisata Petik Apel di Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA) di Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Namun, jika Anda tidak bisa ke sana, Anda bisa membeli oleh-oleh Apel Malang ini di pinggir jalan. Ada banyak pedagang yang menjajakan.

2. Malang Strudel

Siapa yang tidak kenal dengan artis Teuku Wisnu? Nah, Malang Strudel ini adalah salah satu bisnis yang dirintis oleh Teuku Wisnu pada tahun 2014 lalu. Peminatnya begitu banyak tersebar di tanah air. Oleh-oleh khas malang yang tak boleh ketinggalan dibeli. 

Malang Strudel punya cita rasa yang khas dan unik. Dengan memanfaatkan sumber daya alam lokal yang melimpah, bisnis ini makin sukses menarik hati wisatawan yang berkunjung ke Malang. Varian isi yang tersedia di antaranya adalah apel, pisang, nanas, nangka, dan buah-buah lainnya. Sedangkan untuk tipe strudlenya, Anda bisa memilih strudel yang original, strudel O, toasted strudel, atau strudel premium. Rasanya benar-benar nikmat.

3. Kripik Buah

Malang punya banyak hasil panen yang beraneka macam. Hal ini karena daerah ini sangat cocok untuk budidaya berbagai tanaman termasuk tanaman buah. Jadi banyak sayuran dan buah-buahan melimpah. Akhirnya buah-buah tersebut diolah dan dijadikan oleh-oleh khas Malang yaitu kripik buah. 

Ada berbagai jenis buah yang dapat dijadikan sebagai keripik buah, di antaranya adalah buah nangka, apel, salak, rambutan, kelengkeng, buah naga, semangka pun ada. Dengan melakukan diversifikasi produk ini, keripik buah jadi lebih bertahan lama dari pada buah hasil panen yang masih segar. Jadi, petani tidak akan rugi dengan hasil panen yang sekiranya tidak langsung terjual habis. Semua produk sama-sama memberikan keuntungan bisnis yang menjanjikan.

4. Keripik Tempe

Di Kampung Sanan, daerah di Kecamatan Belimbing, Malang dikenal dengan sentra produksi tempe dan kripik tempe. Maka, produk ini menjadi salah satu produk unggulan oleh-oleh khas Malang. Yang menarik dari produk ini adalah varian rasa yang tersedia. Ternyata bukan hanya keripik buah yang memiliki banyak pilihan. 

Keripik tempe yang biasanya menjadi oleh-oleh khas Malang memiliki setidaknya tujuh varian rasa. Mulai dari original, keju, barbeque, jagung manis, rumput laut, pizza, dan daun jeruk. Meskipun di setiap daerah memiliki oleh-oleh keripik tempe juga, keripik tempe Malang punya cita rasa yang beda.

5. Coklat Tempe Malang

Selain diolah menjadi keripik, ternyata ada juga olahan coklat tempe yang menjadi oleh-oleh khas Malang ini. Biasanya coklat yang sering ditemui di pasaran isiannya berupa kacang mete atau almond. Olahan coklat tempe ini ternyata punya cita rasa unik juga, tak kalah dengan coklat pada umumnya.

Kabarnya, coklat tempe ini diproduksi pertama kali pada tahun 2011 dengan merk DeKonco. Terdapat beberapa varian rasa yang tersedia, di antaranya adalah original, susu, stroberi, pedas, dan apel. Tertarik mencoba cita rasa coklat yang berbeda? Oleh-oleh ini bisa jadi pilihannya.

6. Sari Apel

Nah, diversifikasi produk apel bukan hanya bisa dijadikan strudel, keripik apel, atau produk seperti di atas. Malang juga terkenal dengan sentra usaha sari apel. Salah satu perusahaan yang telah sukses dengan bisnis ini adalah produk  Siiplah. Bahan mentah yang melimpah  kemudian diolah menjadi sari buah apel ini pada akhirnya menjadi oleh-oleh yang diburu oleh wisatawan yang datang ke Malang. 

7. Lapis Malang

Kue kekinian yang menjadi primadona para wisatawan adalah lapis malang. Kue spons yang lembut ini memiliki berbagai rasa favorit yang selalu dicari. Ada yang original, ada rasa pandan, keju, coklat, choco peanut, dan masih banyak lagi.   

8. Bakso Frozen

Bakso Malang menjadi kuliner favorit yang wajib Anda coba saat singgah di kota ini. Namun, jika Anda ingin merasakan bakso Malang asli tanpa harus ke sini, oleh-oleh bakso frozen ini bisa menjadi pillihannya. Saat ini, sudah banyak yang menjual bakso beku yang lebih tahan lama dan bisa dibawa ke mana saja. Anda bisa meraciknya sendiri di rumah. Nah, salah satu yang menjual varian lengkap bakso frozen beserta bumbunya, Anda bisa mendatangi Bakso President. Anda bisa membawanya pulang dan bisa menikmati bakso Malang di manapun dan kapan pun. Praktis sekali ya. 

9. Madu Klanceng 

Oleh-oleh khas Malang berikutnya adalah Madu Klanceng. Madu menjadi salah satu suplemen tubuh yang mempunyai banyak khasiat. Beberapa di antaranya dapat mengobati kanker dan meningkatkan kecerdasan otak. Jika singgah atau berlibur ke Malang, ini bisa jadi oleh-oleh yang menyehatkan untuk keluarga Anda di rumah. 

Madu ini berasal dari lebah trigona yang ukurannya kecil. Rasanya sediki manis, pahit, dan asam yang bercampur menjadi satu. Warnanya gelap kental. Semua jenis madu memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang lengkap yang dibutuhkan tubuh manusia. Maka dari itu, agar tubuh selalu fit, rutinkanlah minum madu setiap hari. Oleh-oleh khas Malang yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk memulai pola hidup sehat keluarga Anda di rumah.

10. Keramik Dinoyo

Selain oleh-oleh makanan, Anda juga bisa membeli cindera mata untuk hiasan di rumah. Malang memiiki sentra industri keramik yang unik dan terbaik untuk hiasan di  rumah Anda. Pusat keramik dengan ukiran cantik dan koleksi yang beragam bisa Anda temukan di daerah Dinoyo, Jalan MT Haryono  Malang. Anda juga memesan secara custom untuk karya keramik seperti yang Anda inginkan. 

Demikian tadi oleh-oleh khas Malang yang bisa Anda borong dan bawa pulang ke kampung halaman. Anda bisa membeli secara lengkapnya di pusat oleh-oleh seperti Sentra Oleh-Oleh Lancar Jaya, Toko Rimba Raya, Istana Oleh-Oleh Brawijaya, dan lain-lain. Selamat berlibur di Malang. Semoga liburannya menyenangkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *