Berita terkini, informasi terbaru Indonesia

Kebiasaan Buruk yang Perlu Anda Tinggalkan, Kesehatan Itu Mahal

Ilustrasi Makan Junk Food (Foto: iStock/bymuratdeniz)

Tanpa sadar, dalam keseharian ternyata Anda sedang menanam benih-benih penyakit karena ketidaktahuan diri tentang apa yang dilakukan. Kebiasaan setiap hari sedikit demi sedikit membuat penurunan sistem imun di dalam tubuh. Saat ini memang belum terasa apa-apa dampak dari kebiasaan buruk yang tanpa sengaja atau bahkan sengaja dilakukan. Bagaimana di masa depan nanti? Kebiasaan buruk yang Anda lakukan baru akan terlihat.

Kenali kebiasaan buruk yang perlu Anda tinggalkan dari sekarang. Apalagi jika hal ini mempengaruhi kesehatan Anda dalam jangka panjang. Cari tahu yuk 10 di antaranya berikut ini:

1. Bermain Media Sosial Terlalu Lama

Media Sosial (Foto; iStock/Kijsanayothin)

Berapa waktu yang Anda gunakan setiap hari untuk scrolling media sosial? Pastinya bermain media sosial bagi sebagian orang yang menggunakan gadget adalah sesuatu yang tak pernah terlewatkan setiap hari. Hampir sebagian besar waktu dihabiskan untuk membuka media sosial. 

Sebenarnya tidak masalah jika Anda bijak dalam menggunakan media sosial. Jika sampai pada tahap kecanduan dan terlalu lama menggunakannya, maka hal ini akan mengakibatkan dampak buruk pada diri Anda. Bermain media sosial terlalu lama dapat membahayakan kesehatan mental Anda, kualitas tidur juga akan menurun. Kemungkinan besar seseorang akan mudah depresi, cemas berlebihan, dan harga diri menjadi rendah. 

Selain itu, terlalu lama melihat layar ponsel akan membuat mata cepat lelah dan mengalami penurunan kemampuan penglihatan hingga mata minus. Sinar radiasi dari layar ponsel inilah yang akan merusak kesehatan mata. Maka dari itu, Anda perlu membatasi waktu dalam menggunakan media sosial. Boleh update, mencari informasi, membangun relasi di media sosial. Namun Anda juga perlu punya batasan agar kesehatan Anda tidak terganggu.

2. Begadang

Ilustrasi Begadang (Foto: iStock/Edwin Tan)

Beberapa waktu lalu sempat heboh dan viral kisah seorang remaja berusia 19 tahun mengalami stroke akibat kelelahan karena begadang setiap hari. Ia menceritakan kebiasaan yang ia lakukan setiap hari karena harus menyelesaikan tugas dan pekerjaan sampai lupa waktu istirahat. Aktivitas begadang sering dilakukan sehingga waktu tidur juga menjadi tidak teratur. 

Perlu diketahui bahwa tubuh Anda membutuhkan waktu untuk istirahat. Tidur adalah salah satu cara untuk mengumpulkan kembali energi dan memenuhi hak tubuh untuk beristirahat. Jika tubuh Anda diforsir untuk bekerja terus menerus tanpa jeda, akibatnya adalah kesehatan Anda yang akan terganggu. Normalnya, orang dewasa perlu waktu istirahat sekitar 6 jam per hari. Jika jam tidur ini terus menerus dikurangi, Anda sendiri yang akan merugi. Bekerja boleh, tetapi harus ingat akan hak tubuh untuk istirahat. Jadi, jangan sering-sering begadang ya. 

3. Makan Junk Food Berlebihan

Ilustrasi Perempuan Makan Junk Food (Foto: iStock/bymuratdeniz)

Apa itu makanan Junk Food? Junk Food adalah makanan yang memiliki kalori yang tinggi tetapi nilai gizinya sedikit atau minim bahkan sama sekali tidak ada nilai gizinya. Termasuk di dalamnya makanan yang tinggi kadar garamnya, tinggi lemak, ada kandungan soda, dan bahan aditif seperti pengawet, pewarna, pemanis buatan, dan penambah cita rasa. 

Contoh makanan Junk Food yang bisa ditemui di Indonesia di antaranya ada jeroan, asinan, frozen food, makanan kaleng, gorengan, makanan manis, mie instan, roti, sereal, dan beberapa menu makanan dan minuman lainnya seperti ciri yang disebutkan di atas. Jika Anda sering mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung gizi seimbang untuk tubuh bahkan menjadi racun yang mengendap di dalam tubuh, suatu hari kebiasaan ini akan memunculkan bibit penyakit pada tubuh Anda. Konsumsilah makanan yang mengandung gizi seimbang untuk kesehatan Anda. Makan junk food seperlunya saja dan jangan jadikan sebagai kebiasaan yang akan merugikan Anda sendiri nantinya.

4. Pola Makan Tidak Teratur

Pola makan tidak teratur (Foto: iStock/Doucefleur)

Makan yang tidak teratur dan dilakukan terus menerus akan membawa penyakit pada tubuh. Biasanya sistem pencernaan akan terganggu, seperti munculnya penyakit maag yang diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur. Jangan sepelekan hal ini saat Anda setiap pagi lupa untuk sarapan, apalagi makan siang yang ditunda-tunda. Jika hal ini dilakukan terus menerus, gangguan pencernaan akan muncul. 

Anda perlu mengatur pola makan yang teratur. Waktunya sarapan ya sarapan, jangan sampai terlewatkan. Waktunya makan siang, ya makan. Ambil jeda saat istirahat di waktu jam kerja atau membawa bekal dari rumah. Jika tak sempat makan berat, siapkan makanan yang bisa mengganjal perut agar lambung dapat mencerna makanan di saat tubuh membutuhkan asupan energi. 

5. Kurang Minum Air

Ilustrasi Minum air putih (Foto: iStock/SolStock)

Kurang minum air menjadi persoalan yang tak bisa disepelekan lho. Sebagian besar tubuh tersusun oleh cairan, dan apa dampaknya jika cairan ini tidak Anda penuhi asupannya? Tubuh membutuhkan air putih untuk menjaga kadar cairan tubuh. Hal ini akan membantu sistem pencernaan, penyerapan makanan, sirkulasi darah, dan sistem kerja organ tubuh menjadi optimal. Selain itu, mengkonsumsi air putih juga dapat menjaga kesehatan kulit dan mengendalikan asupan kalori dalam tubuh.

Setiap orang pasti tahu betapa pentingnya mengkonsumsi air putih setiap hari. Hanya saja untuk takarannya, pasti menjadi tantangan tersendiri. Agar Anda tidak kekurangan cairan, rata-rata minimal konsumsi air putih setiap hari adalah 2 liter. Menurut dokter Florentina R Wahyuni, kebutuhan air masing-masing disesuaikan dengan berat badan. Hitungannya adalah 0,3-0,4 liter air setiap 10 kilogram. Jadi tinggal hitung berapa kebutuhan air putih yang harus Anda konsumsi setiap hari. 

6. Merokok

Ilustrasi Merokok (Foto: iStock/Thurtell)

Ini kebiasaan yang jadi pr buat banyak orang ya, apalagi laki-laki, bapak-bapak, dan kaum pria pada umumnya. Merokok menjadi hal yang tak terpisahkan dari mereka. Namun, tak jarang perempuan juga ada yang demikian. Sebenarnya semua orang juga tahu apa dampak buruk dari kebiasaan ini. Namun, jika sudah menjadi kebiasaan susah sekali untuk dihilangkan. Apalagi merokok bukan hanya merugikan diri sendiri, tetapi orang lain juga. 

Di dalam rokok, ada salah satu bahan adiktif yang bisa menimbulkan ketergantungan bagi pemakainya. Hal inilah yang membuat seseorang susah untuk lepas dari merokok. Berbagai penyakit yang dapat muncul dari kebiasaan buruk ini di antaranya adalah penyakit jantung, kanker, bronkitis atau radang cabang tenggorokan, sampai pada kematian. Maka dari itu, bagi yang muda-muda semoga bisa membangun kesadaran diri untuk lepas dari hal ini sebelum menjadi candu dan menyesal di kemudian hari. 

Demikian tadi beberapa kebiasaan buruk yang perlu Anda tinggalkan dan memulai pola hidup sehat selagi masih muda. Jangan sampai Anda menanam bibit-bibit penyakit di dalam tubuh dan merasakan sakit di kemudian hari. Selagi bisa melakukan pencegahan munculnya penyakit, maka tak ada salahnya untuk mencoba menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Sadari dan mulailah merawat diri dan kesehatan Anda untuk kehidupan yang lebih sehat lagi.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *