Berita terkini, informasi terbaru Indonesia
Health  

Kandungan Skincare Pengganti Hydroquinone Ini Lebih Aman!

kandungan skincare pengganti hydroquinone

Beberapa tahun terakhir, hydroquinone menjadi trending topik karena kemampuannya dalam mencerahkan kulit. Sayangnya, bahan aktif skincare hydroquinone cukup berbahaya jika pemakaiannya tidak sesuai anjuran dokter. Maka dari itu, diperlukan kandungan skincare pengganti hydroquinone yang lebih aman.

Hydroquinone sendiri bisa menyebabkan permasalahan kulit yang cukup menyeramkan seperti strength mark, kanker, dan masih banyak lagi. Di artikel kali ini akan dibahas apa saja kandungan skincare pengganti hydroquinone yang lebih aman dan ampuh.

8 Kandungan Skincare Pengganti Hydroquinone yang Lebih Aman

Bahan aktif skincare adalah komponen utama dalam ingredients atau komposisi produk perawatan kulit. Bahan aktif ini memiliki peranan untuk mengobati atau mengatasi permasalahan pada kulit. Salah satu contohnya adalah hydroquinone

Tapi, kamu sebaiknya tidak menggunakan bahan ini tanpa resep dokter, karena resikonya yang sangat tinggi. Berikut rekomendasi bahan aktif skincare yang memiliki manfaat sama, bahkan lebih baik daripada hydroquinone, tetapi lebih aman dari hydroquinone

1. Alpha Arbutin

alpha arbutin

Alpha arbutin termasuk turunan hydroquinone. Namun, kandungan ini memiliki sifat yang lebih gentle dan halus. 

Struktur kimia dari kandungan alpha arbutin memang cukup mirip dengan hydroquinone. Namun, dengan biosintesis yang lebih murni dan mudah untuk larut dengan udara. 

Kandungan ini bekerja dengan menekan warna pigmen coklat. Fungsinya untuk kulit lebih cerah, karena pigmen coklat sendiri adalah agen pembentuk melanin dan menggelapkan warna kulit.

Berbeda dengan hydroquinone, bahan aktif skincare untuk mencerahkan wajah dari alpha arbutin cenderung aman untuk penggunaan jangka panjang. Apalagi jika kamu hanya menggunakannya dengan konsentrasi 5%. 

2. Niacinamide

niacinamide

Niacinamide menjadi salah satu bahan aktif pada skincare yang trending belakangan ini. Bukan karena kontroversinya, melainkan karena peran yang cukup andal dalam mencerahkan kulit. 

Bahkan, niacinamide juga memiliki manfaat untuk melembabkan kulit. Jadi, kulit tidak hanya tampak cerah, tetapi juga jauh lebih lembab dan sehat. 

Niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B3. Tidak heran jika niacinamide memiliki cara kerja menghambat proses pigmentasi atau penggelapan warna kulit akibat paparan sinar matahari. 

Niacinamide juga membentuk dan meningkatkan kadar ceramide, salah satu komponen yang membantu menghalangi lipid pada kulit.

Meningkatnya kadar ceramide dalam kulit ini bisa membantu mengunci kelembaban dalam kulit. Oleh karena itu, niacinamide juga menjadi salah satu juara bahan aktif untuk melembabkan kulit.

3. White Cell DNA

white cell DNA

Kandungan ini bisa menggantikan penggunaan bahan aktif hydroquinone karena relatif lebih aman, tapi dengan manfaat yang sama. White cell DNA sendiri merupakan bahan aktif yang cukup aman untuk mencerahkan kulit. Kandungan ini cukup populer lebih dulu di U.S.

White cell DNA memiliki formulasi nanoencapsulation teknologi. Ini merupakan formulasi yang memiliki ukuran 200 nano meter yang mana cukup berbeda dari kebanyakan proses formulasi bahan aktif terdahulu

Berdasarkan riset dari produk kosmetik lokal MS Glow, zat aktif pada skincare white cell DNA bisa menambah kecerahan kulit dengan lebih optimal. Selain itu, kandungan ini juga berguna untuk mencegah timbulnya hiperpigmentasi, termasuk membantu meratakan warna kulit. 

4. Kojic Acid

kojic acid

Sudah sejak beberapa tahun lalu, asam kojic menjadi contoh bahan aktif pada skincare untuk mencerahkan kulit. Yang paling penting, kandungan bahan aktif kojic acid ini cukup aman daripada penggunaan hydroquinone.

Asam kojic memiliki cara kerja dengan menekan produksi melanosit pada kulit. Sebab, kandungan melanin yang terbentuk secara berlebihan pada kulit akan membuat warna kulit tampak lebih gelap.

Selain mencerahkan, kandungan asam kojic juga memiliki khasiat untuk memudarkan dark spot akibat adanya hiperpigmentasi. Biasanya hiperpigmentasi ini sendiri muncul berupa noda hitam pada bekas jerawat.

Asam kojic juga berperan sebagai agen anti aging. Ini akan cocok untuk kamu yang ingin tampil dengan kulit tanpa kerut dan garis halus. Bahan aktif asam kojic ini sudah banyak digunakan di kandungan produk skincare, bahkan juga dalam perawatan dokter. 

5. Licorice Extract

licorice extract

Licorice extract termasuk dalam bahan aktif alami, karena merupakan bagian dari akar kayu manis. Sama seperti bahan aktif sebelumnya, bahan aktif pada licorice extract ini bekerja dengan mencegah pigmentasi pada kulit. 

Bahkan, kandungan bahan aktif ini juga bermanfaat untuk mencegah dan menghambat tyrosinase. 

Licorice extract memiliki berbagai kandungan vitamin, mulai dari B1, B3, B5, hingga Vitamin E. Ini yang membuat licorice extract cukup ampuh untuk melembabkan kulit selain fungsi aslinya untuk mencerahkan kulit secara merata. 

Dalam beberapa kasus, kandungan licorice extract juga bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat dan luka yang ada di kulit wajah. 

Uniknya, kandungan bahan aktif licorice extract bisa cocok untuk semua jenis kulit. Bahkan, untuk kulit super sensitif sekalipun. Ini bisa terjadi lantaran sifatnya yang cenderung gentle dengan berbagai kandungan yang cukup rendah konsentrasinya. 

6. Glycolic Acid

glycolic acid

Apakah kamu pernah mendengar atau membaca tentang bahan aktif AHA? Nah, glycolic acid merupakan salah satu jenis AHA yang cukup populer. Bahan aktif ini sangat cocok untuk jenis kulit kering.

Berbeda dari beberapa kandungan bahan aktif sebelumnya, glycolic acid bekerja dengan mengeksfoliasi permukaan kulit. Ini bisa membuat sel-sel kulit mati terangkat dan memicu tumbuhnya sel kulit baru yang lebih cerah. 

Glycolic acid juga punya manfaat sebagai anti-aging, meningkatkan produksi kolagen, dan membantu membersihkan noda-noda di wajah akibat hiperpigmentasi. 

Sampai saat ini, persentase aman untuk penggunaan bahan Glycolic Acid adalah 5 – 8%. Dengan kadar ini, efeknya sudah sangat terasa. Untuk pemula, sebaiknya gunakan produk dengan persentase glycolic acid yang lebih rendah agar lebih aman dan kulit bisa terbiasa dengan bahan aktif ini. 

7. Retinoid

retinoid

Retinoid merupakan turunan dari Vitamin A yang memiliki fungsi untuk mengatasi permasalahan kulit kusam dan gelap. Bahan aktif ini cocok untuk meminimalisir timbulnya garis-garis halus. 

Kandungan retinoid juga aman untuk kamu dengan tipe kulit berjerawat. Namun, kamu harus bisa menggunakan produk ini dengan benar. Kombinasikan produk ini dengan pelembab atau moisturizer agar kulit tidak mudah iritasi.

Kenapa bisa iritasi? Salah satu penyebabnya adalah sifat retinoid yang membuat kulit cenderung lebih kering. 

8. SymWhite 377

symwhitw 377

Berdasarkan temuan dalam jurnal Research BioMed International tahun 2017, bahan aktif SymWhite 377 terbukti lebih efektif untuk membuat wajah lebih cerah. Bahkan, kadar keampuhannya mencapai 15 kali lebih ampuh dari hydroquinone

Bahan aktif SymWhite 377 juga mampu memberikan perlindungan untuk kulit dari radikal bebas. Selain itu, kandungan antioksidannya juga cukup tinggi, sehingga efektifitasnya bahkan juga mengalahkan alpha arbutin.

Sampai sejauh ini, memang belum banyak produk yang memanfaatkan SymWhite 377 sebagai ingredients utamanya. Ini cukup lumrah mengingat SymWhite 377 merupakan bahan aktif yang masih baru dan terbukti efektif secara klinis hanya dalam beberapa tahun terakhir. 

Meskipun hydroquinone bisa membuat kulit tampak lebih cerah, tapi percayalah hydroquinone sebenarnya bukan untuk itu. Hydroquinone merupakan bahan aktif skincare untuk flek hitam dan untuk dark spot. Pnggunaan bahan aktif ini tidak boleh jangka panjang.

Untuk kulit yang lebih cerah, kamu tetap bisa gunakan kandungan skincare pengganti hydroquinone. Dari beberapa kandungan, SymWhite 377 jadi salah satu rekomendasi terbaik karena memang ampuh dan terbukti lebih aman. Bahkan lebih efektif daripada hydroquinone.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *