Berita terkini, informasi terbaru Indonesia

Bagaimana Caranya Membangun Kebiasaan Membaca Setiap Hari? 

Ilustrasi Membaca Koran (Foto: iStock/gilaxia)

Data dari UNESCO tentang minat baca masyarakat Indonesia hingga kini masih menempati peringkat ke-69 dari 127 negara dalam kompetensi membaca. Peringkat ini diperjelas dengan gambaran bahwa jika ada 1000 masyarakat di Indonesia, hanya 1 orang saja yang gemar membaca. Terlihat jelas bahwa membaca belum nampak menjadi kebiasaan bagi masyarakat di Indonesia pada umumnya. Maka artikel ini sangat penting untuk menjawab salah satu tantangan yang dihadapi saat ini, lebih khusus tentang dunia literasi. Bagaimana caranya membangun kebiasaan membaca setiap hari? Itulah pertanyaan besar yang akan terjawab di sini. 

Tujuan Membaca

Saat Anda tahu tujuan jelas tentang aktivitas yang Anda lakukan, pastinya Anda lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas harian. Nah, bagi Anda yang mungkin kurang suka membaca, bisa digali kembali apa yang bisa Anda dapatkan ketika membaca. Tujuan ini penting untuk ditanamkan agar ketika Anda mulai malas dan kehilangan motivasi, tujuan akan mengingatkan kembali visi Anda di awal.  

Antoni Ludfi Arifin dalam bukunya ‘Be a Reader: Mendulang Aksara Meraih Makna”, menjelaskan ada  2 tujuan membaca yaitu tujuan kreasi dan tujuan rekreasi. 

  1. Tujuan kreasi adalah untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan dengan cara mengikat makna bacaan yang didapat menuju perubahan diri.
  2. Tujuan rekreasi menganggap bahwa kegiatan membaca adalah sarana untuk mencari kesenangan atau hiburan. 

Lebih jelas lagi, tujuan membaca juga diulas oleh Muhammad Asdam dalam buku Bahasa Indonesia, Pengantar Pengembangan dan Intelektual sebagai berikut:

  1. Membaca dapat menghubungkan pengetahuan baru dengan schemata seseorang
  2. Membaca dapat memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk melakukan eksperimen terhadap suatu teks bacaan.
  3. Membaca dapat menjawab berbagai pertanyaan 
  4. Membaca dapat menikmati keindahan yang ada dalam bacaan
  5. Membaca dapat memudahkan seseorang untuk mencari informasi untuk menyusun suatu bacaan atau laporan

Poin yang sangat penting dari tujuan membaca adalah dengan aktivitas seperti ini, Anda akan dapat memahami seluruh informasi yang telah Anda baca dan mengembangkan intelektual diri Anda sendiri. Manfaatnya akan Anda rasakan sendiri seiring berjalannya waktu, terlebih dalam kehidupan sehari-hari. 

Manfaat Membaca

Membaca bukan hanya tentang buku, tetapi membaca apa saja. Koran, majalah, berita, artikel di blog, apapun yang menjadi dunia Anda saat ini. Hal ini akan membawa manfaat dari apa yang sedang Anda kerjakan. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika membaca telah menjadi kebiasaan dan karakter dari diri Anda adalah Anda memiliki kosakata dan pengetahuan yang luas, meningkatkan daya ingat, mudah dalam berkomunikasi, terstruktur, melatih mental agar tidak mudah stres, dan lain-lain. Setiap hari Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk membaca, maka beberapa manfaat ini akan Anda rasakan. Anda juga bisa memiliki topik pembahasan yang luas, sehingga ketika Anda berkomunikasi dengan seseorang, hal ini akan sangat membantu. 

Membangun Kebiasaan Membaca Setiap Hari

Ilustrasi Membaca Buku (Foto: iStock/sorn340)

Setelah mengetahui tujuan dan manfaat dari kegiatan membaca, lalu bagaimana membangun kebiasaan membaca setiap hari? Apalagi bagi Anda yang sama sekali tidak tertarik dengan hal ini. Yuk, langsung saja dibahas satu per satu caranya.

1. Mulai dengan bacaan yang Anda sukai

Duta baca Indonesia, Najwa Shihab, pernah menyampaikan, “Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu, mari jatuh cinta.” Benar sekali bahwa untuk memulai kegiatan membaca, Anda hanya perlu memulai dari bacaan yang Anda sukai. Yang paling lengkap pembahasannya memang berawal dari bacaan buku. Mulai dari dunia yang Anda sukai. 

Misalnya ketika Anda menyukai dunia sains, mulailah dengan bahan bacaan sains. Atau Anda suka traveling ke tempat-tempat yang unik dan menarik, Anda bisa menambah referensi dengan membaca buku soal traveling. Anda suka tentang arsitektur, pesawat terbang, memasak, atau hal apa yang menarik dalam hidup Anda, mulailah menemukakn buku itu. Atau jika Anda suka dunia fiksi, ada banyak buku yang menuliskan tentang hal itu. Anda hanya perlu satu buku saja untuk menjadikan membaca menjadi kegiatan yang menyenangkan. Carilah yang ringan terlebih dahulu. Setelahnya, Anda pasti akan ketagihan untuk mencari hal seru lainnya dari sebuah buku. 

2. Bacalah Secara Perlahan dan Konsisten 

Kunci membangun kebiasaan baru adalah konsisten. Berat memang rasanya di awal untuk memulai. Tantangannya adalah Bersediakah Anda untuk mengulang aktivitas membaca ini setiap hari? Maka dari itu, bacalah secara perlahan. Misalnya luangkan waktu Anda setiap hari untuk membaca 1-10 halaman perhari. Jika hal ini tidak lagi terasa berat, tingkatkan halaman yang ingin Anda baca. 

Dikutip dari Tempo.co, Maxwell Maltz berpendapat bahwa waktu minimal yang dibutuhkan seseorang untuk membentuk kebiasaan baru adalah sekitar 21 hari. Selain itu, penelitian lain juga dilakukan oleh Phillippa Lally dari University College London yang menyimpulkan dari hasil penelitiannya bahwa rata-rata setiap orang membentuk kebiasaan baru adalah 66 hari. Jadi bisa Anda tetapkan pada diri sendiri, untuk menjadikan membaca sebagai suatu kebiasaan baru, maka Anda perlu waktu sekitar 3 bulan. Secara perlahan dan konsisten setiap hari meluangkan waktu untuk membaca. 

3. Temukan Pemantik untuk Mulai Membaca

Anda bisa menemukan bahan bacaan menarik dengan menonton video singkat di youtube, atau membaca sinopsis buku yang akan Anda baca, atau mendengarkan audio book yang tersedia. Hilangkan pikiran Anda tidak suka membaca buku. Anda hanya belum menemukan hal yang menarik di sana. Karena masing-masing orang memiliki ketertarikan yang berbeda, bisa jadi cara untuk mulai menyukainya juga berbeda. Anda bisa memilih untuk mendengarkan audio terlebih dahulu atau menonton video. Baru setelah itu, Anda benar-benar membaca sesuatu untuk menggali informasi lebih rinci tentang topik yang menarik tadi. Pasti lebih seru dengan cara ini. Membaca menjadi hal yang menyenangkan untuk Anda nantinya.

4. Tetapkan Target

Target di sini tidak bermaksud untuk memberatkan Anda menjalani aktivitas baru yaitu membaca. Namun, dengan ditetapkannya target di awal, Anda akan mengingat bahwa ada misi yang akan Anda selesaikan dalam kurun waktu tertentu. Tidak perlu memaksakan diri. Tetap biarkan semuanya mengalir begitu saja. Tetapkan target yang ringan dan mudah untuk Anda. misalnya per hari berapa halaman, baru per pekan, per bulan, atau per tahun ada berapa buku, artikel, atau bahan bacaan yang akan Anda selesaikan. Yang sekiranya Anda mampu untuk itu.

Nah, demikian tadi beberapa cara untuk memulai kebiasaan membaca. Semoga sedikit membantu terutama untuk Anda yang baru memulai aktivitas membaca dalam keseharian. Tak pernah bosan untuk belajar apa saja dan di mana saja. Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *