Berita terkini, informasi terbaru Indonesia

5 Afirmasi Positif Untuk Memulai Hari Agar Lebih Semangat Lagi

Ilustrasi afirmasi positif (Foto: iStock/fizkes)

Apa itu afirmasi positif? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) afirmasi memiliki arti penetapan yang positif. Afirmasi biasanya berisi tentang pernyataan-pernyataan positif yang ditujukan pada diri sendiri. Dengan melakukan hal ini, seseorang akan didorong untuk berpikir positif dan dapat mencegahnya melakukan sabotase diri.  

Sabotase diri ini bisa membuat seseorang berpikir negatif dan merusak dirinya sendiri. Nah, afirmasi positif inillah yang akan mengalahkan pikiran negatif tersebut. Diri akan membangun suasana yang positif dan akan menggerakkan Anda untuk melakukan aktivitas yang positif.Andalah yang dapat mengendalikan pikiran Anda sendiri. Cara ini akan sangat membantu Anda melakukan hal itu. 

Teori tentang Afirmasi Positif

Seorang psikolog sosial, Claude Steele, merupakan orang pertama yang mengajukan teori tentang Self Affirmation Theory. Teori ini muncul ketika citra diri seseorang terancam. Terkadang Anda pasti memiliki pemikiran dan pengalaman yang mengancam citra diri Anda. Self Affirmation Theory atau teori penegasan diri ini menurut Claude Steele pada tahun 1988, ketika citra diri seseorang terancam, ia termotivasi untuk menegaskan integritas dirinya. Jadi ia akan memiliki keinginan kuat untuk memulihkan citra dirinya yang positif untuk mengatasi berbagai ancaman dan rangsangan yang tidak menyenangkan dari lingkungan sekitar. Afirmasi positif ini akan membantu seseorang keluar dari berbagai tekanan di dalam dirinya.

Pentingnya Afirmasi Positif pada Diri

Setiap hari adalah sebuah tantangan baru. Di balik itu, pasti ada saja ujian yang harus Anda hadapi. Afirmasi positif di dalam diri Anda akan membantu Anda melalui semuanya. Perlu keberanian untuk melangkah ke depan terlepas dari apapun ujian yang Anda hadapi. Hal inilah yang akan membentuk Anda menjadi pribadi yang tahan banting dan cepat beradaptasi pada keadaan. Mengambil sisi positif dari setiap kejadian. 

Pikiran, perkataan, tindakan, kebiasaan, karakter, dan takdir Anda hari ini adalah rangkaian yang tak terpisahkan. Afirmasi yang Anda bangun di dalam pikiran Anda sangat menentukan kualitas hidup Anda saat ini. Sama seperti kata pepatah, “Perhatikan pikiranmu, ia akan menjadi kata-kata. Perhatikan kata-katamu, ia akan menjadi tindakan. Perhatikan tindakanmu, ia akan menjadi kebiasaan. Perhatikan kebiasaanmu, ia akan menjadi karakter. Perhatikan karaktermu, ia akan menjadi takdirmu.” Jadi sangat penting menanamkan pikiran positif di dalam diri agar membawa diri Anda pada takdir terbaik hari ini. 

Contoh Afirmasi Positif

llustrasi Afirmasi Positif (Foto: iStock/Tonktiti)

Setelah tahu betapa pentingnya afirmasi positif yang perlu Anda bangun setiap hari, langkah selanjutnya adalah mempraktikkannya. Apa saja ya contoh afirmasi yang dapat membuat Anda lebih bersemangat di pagi hari? Berikut lima di antaranya yang bisa Anda coba.

  1. Saya menerima dan mencintai diri saya seutuhnya

Hal pertama yang ditanamkan adalah penerimaan terhadap diri sendiri. Ini adalah sebuah kunci yang dapat membuat Anda melakukan berbagai hal hebat dalam hidup. Saat Anda bisa menerima dan mencintai diri Anda apa adanya, termasuk di dalamnya kelebihan dan kekurangan, berbagai tantangan dalam hidup pasti bisa Anda lalui. 

Anda perlu menyadari bahwa tidak ada pribadi yang sempurna di dunia ini. Anda sendiri pun demikian. Selalu akan ditemukan celah di mana Anda merasa tidak sempurna. Ya memang demikian. Anda tidak perlu mencari dan menemukan bukti bahwa Anda diterima oleh orang lain. Terimalah dan cintailah diri Anda terlebih dahulu. Maka semesta akan mendukung Anda. 

  1. Saya percaya pada kemampuan dan kapasitas diri saya untuk melakukan berbagai hal

Setelah Anda mengenal diri Anda, melakukan analisis SWOT (kelebihan, kekurangan, ancaman, dan peluang) secara mendalam, Anda pasti akan menemukan potensi di dalam diri. Kemampuan dan kapasitas diri inilah yang akan membuat Anda percaya diri menakhlukkan berbagai tantangan. Kuncinya adalah mengenal diri lebih dalam. 

Tanamkan dalam diri bahwa Anda mampu untuk apa yang Anda usahakan saat ini. Percayalah, Anda lebih hebat daripada yang Anda bayangkan sebelumnya. Teruslah berprogres menemukan potensi di dalam diri. Manfaatkan hal itu untuk melakukan berbagai hal.

  1. Setiap hal yang terjadi dalam hidup adalah kebaikan bagi diri saya

Afirmasi positif berikutnya yang penting untuk dibangun adalah tentang pola pikir Anda dalam menyikapi segala sesuatu. Cara pandang Anda melihat situasi dan kondisi yang sedang dihadapi saat ini, yang baik maupun yang buruk, percaya bahwa hal ini adalah skenario terbaik dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Anda. Selalu ada kebaikan di setiap peristiwa. Ini adalah PR besar yang perlu dicari di setiap ujian kehidupan. Maka Anda pasti akan menyikapinya dengan pemikiran dan tindakan yang lebih positif. 

  1. Saya memaafkan semua orang yang telah menyakiti saya di masa lalu, masa kini, dan masa mendatang

Sumber kebahagiaan dalam hidup adalah ketenangan. Ia lahir dari hati dan pikiran yang bersih. Saat Anda berhasil melakukannya, maka ketenangan akan selalu melingkupi hidup Anda. Salah satu caranya adalah dengan memaafkan. Dengan begitu, Anda tidak akan pernah memiliki dendam kepada orang lain. Hidup jadi lebih tenang dan damai. Walaupun hal ini tidak selalu mudah untuk dilakukan. Tetapi bukankah semua orang membutuhkan ketenangan? Salah satu kuncinya ya ini, memaafkan.

  1. Hari ini saya telah melakukan kebaikan

Setiap orang pasti ingin menjadikan hidupnya lebih bermakna. Melakukan project kebaikan setiap hari semata-mata berpikir bahwa hidup hanya sekali dan ingin bermanfaat bagi orang-orang sekitar. Biasanya pemikiran ini lahir karena seseorang telah memikirkan adanya kehidupan lagi setelah mati. Ia akan mengumpulkan sebanyak-banyaknya bekal dan memanennya di kemudian hari. 

Project kebaikan ini tak hanya bermodalkan hal besar. Hanya butuh niat dan kemauan untuk melakukannya. Bisa dimulai dari lingkup terkecil Anda seperti keluarga, tetangga, masyarakat sekitar, baru ke lingkup yang lebih luas lagi. Kebaikan itu lahir dari panggilan hati untuk memberi. Berbagi apa saja yang Anda punya. Waktu, tenaga, pikiran, dana, apa saja. Selagi kesempatan itu masih ada, jangan sia-siakan hari ini untuk terus berbagi dan menebarkan kebaikan. 

Demikian tadi afirmasi positif yang bisa Anda mulai sekarang juga. Mulailah pagi hari Anda dengan memikirkan hal-hal positif yang membuat hidup Anda lebih bermakna. Temukan meaningful of life dari kesempatan Anda menghirup udara segar pagi ini. Setelah tahu ilmunya, mari eksekusi hari ini juga. Selamat mencoba dan merasakan menjadi pribadi yang lebih positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *