Berita terkini, informasi terbaru Indonesia

5 Kebiasaan yang Akan Membuat Anda Semangat di Pagi Hari

Foto: iStock/PeopleImages

Pagi hari adalah salah satu kunci yang turut menentukan kesuksesan seseorang. Apa yang ia lakukan di pagi hari ketika ia bangun sangat berkaitan dengan produktivitas selama 24 jam. Nah, yang menjadi pertanyaan penting adalah apa saja yang akan Anda lakukan? Kebiasaan pagi apa yang senantiasa Anda bangun setiap hari?

Pagi hari juga menjadi waktu yang baik untuk memulai segala sesuatu. Merencanakan hal-hal baik, membangun semangat baru, mempertajam tujuan hidup, dan kesempatan untuk memperbaiki hari kemarin agar lebih baik.

Kebiasaan apa saja yang akan membuat Anda bersemangat di pagi hari dan produktif sepanjang waktu? Berikut 10 hal yang akan mengubah hidup Anda.

1. Bangun lebih Pagi

Bangun lebih awal adalah sebuah kebiasaan baik yang kadang sulit dilakukan oleh sebagian orang. Hal ini justru akan membuat Anda lebih semangat menjalani hari jika Anda terbiasa melakukannya. Bangun pagi akan menghindarkan diri dari rasa malas yang menghantui. Menghirup udara segar, mandi pagi, lalu bergegas untuk beraktivitas lainnya. Anda jadi terbawa semangat untuk menyelesaikan berbagai tantangan hari ini. 

2. Jangan Lupa Sarapan

Sarapan menjadi hal penting dan tak boleh terlewatkan setiap pagi. Tubuh  Anda perlu nutrisi untuk memulai hari. Dengan jadwal makan teratur, tubuh Anda akan lebih sehat dan lebih bersemangat beraktivitas sepanjang hari. 

Kebiasaan pagi untuk sarapan  akan mengisi tenaga Anda lebih maksimal. Tak perlu banyak makan, seperlunya saja. Anda bahkan bisa memulai pola hidup sehat dari kebiasaan ini. Makan buah-buahan segar, minum jus, susu, vitamin, roti, atau nasi dengan gizi yang sempurna. Maka penting sekali untuk sarapan setiap pagi.

3. Minum Air Putih 

Kebutuhan air putih setiap harinya untuk masing-masing orang berbeda. dr. Florentina menyampaikan di salah satu bukunya, “Tersenyumlah Sekarang Juga”, kecukupan air yang harus diminum setiap hari dihitung dari 0,3-0,4 liter air setiap 10 kilogram. Jadi Anda perlu menghitung berapa minimal mengkonsumsi air putih setiap hari. 

Nah kebiasaan baik di pagi hari yang perlu Anda mulai adalah dengan meminum air putih ini salah satunya. Siapkan satu gelas air putih di meja sebelah tempat tidur. Ini akan mengingatkan Anda agar minum air saat bangun tidur. 

4. Buat to do list

Kebiasaan di pagi berikutnya adalah menyusun kegiatan yang akan dilakukan. Buatlah to do list dan jika perlu memang dituliskan dalam sebuah buku agenda. Kebiasaan ini juga akan membuat Anda menjadi seseorang yang lebih teratur. Selain itu, membuat to do list akan membiasakan Anda tahu mana prioritas yang harus dilakukan. Memanfaatkan waktu 24 jam semaksimal mungkin.

Jika Anda belum terbiasa memulai hal ini, Anda bisa mencoba menuliskan 10 kegiatan yang akan Anda lakukan di hari itu. Mulai tuliskan hal sederhana yang sering Anda lakukan. Selama hari itu, coba kerjakan semaksimal yang Anda bisa. Mungkin di awal akan butuh sedikit ketidaknyamanan dengan hal ini. Namun, jika Anda konsisten melakukannya, maka produktivitas keseharian Anda akan semakin meningkat. 

5. Bersih, Rapi, dan Wangi

Kebiasaan baik berikutnya adalah senantiasa bersih, rapi, dan wangi. Hal ini bukan hanya berlaku untuk diri sendiri, tetapi lingkungan sekitar juga. Biasakan untuk merapikan tempat tidur dan ruangan yang telah digunakan semalam. Letakkan barang sesuai dengan tempatnya. 

Lingkungan yang bersih akan membuat Anda lebih semangat lagi beraktivita. Meninggalkan rasa malas yang kadang menghantui di pagi hari. Selain membersihkan tempat tidur dan kamar tidur, mandi pagi juga sangat baik untuk mengusir kantuk. Aktivitas di pagi hari akan lebih semangat. Bersih, rapi, dan wangi adalah standar yang menjadi kebiasaan orang-orang yang sukses dalam hidupnya.

6. Jurnal Syukur

Oprah Winfrey dalam bukunya “What I Know for Sure” menceritakan kebiasaannya untuk menuliskan 5 hal yang ia syukuri setiap hari. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai kebiasaan ini. Menuliskan hal-hal yang Anda syukuri akan membuat Anda merasa beruntung masih diberikan kesempatan untuk memulai hari ini dengan baik. Pandangan hidup Anda akan jauh lebih positif. 

Jurnal syukur di sini dimaksudkan untuk mengajak Anda merenungi kembali makna hidup yang telah Anda jalani. Misalnya saja dimulai seperti kebiasaan yang telah dilakukan oleh Oprah Winfrey tersebut. 

7. Membaca Berita atau Apa Saja

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulainya dengan membaca berita. Kebiasan membaca ini bisa membuat Anda terbuka wawasannya, update informasi, dan masih banyak lagi manfaatnya. Jika Anda tidak terbiasa untuk membaca setiap hari, paling tidak membaca berita adalah pilihannya. Namun, hindari untuk mengecek media sosial yang berisi konten-konten yang tidak terlalu mengedukasi. Bacalah berita yang mentransfer energi positif pada Anda.

8. Olahraga Ringan

Olahraga ringan akan memantik lagi semangat di pagi hari untuk memulai aktivitas. Tidak perlu terlalu lama, Anda bisa meluangkan waktu sekitar 15-20 menit untuk melakukan olahraga ringan di pagi hari. Sebelum mandi, keluarkan keringat terlebih dahulu dengan melakukan olahraga. Bisa dengan berjalan kaki di sekitar rumah, berenang, lari-lari kecil, senam, dan lain-lain. 

9. Bagikan Sesuatu kepada Orang Lain

Kebiasaan ini mungkin tidak terlalu terlihat bagi sebagian orang. Namun, semangat berbagi ini memang perlu kita pupuk setiap hari. Hal yang akan membuat Anda merasa hidup lebih bermakna. Anda bisa membagikan inspirasi, ide, maupun materi yang bisa Anda berikan kepada orang lain. Semangat yang positif bisa Anda bagikan kepada orang-orang sekitar yang Anda temui. Hal ini juga menjadi salah satu bagian dari kebiasaan baik di pagi hari. Buatlah satu project kebaikan setiap hari dengan berbagi. 

10. Tersenyum ramah dengan orang yang Anda Temui

Memasang wajah ceria akan mentransfer energi positif kepada sekitar. Bukan berarti Anda tersenyum kepada semua orang. Tetapi hal ini mengggambarkan bahwa Anda setiap hari selalu bersemangat dengan senyuman ramah yang melekat dalam kepribadian Anda. Orang menjadi sangat senang berada di sekeliling Anda. Hal ini juga akan menjadi kebiasaan baik bila Anda terus konsisten melakukannya. Tersenyumlah dengan ramah dengan orang-orang yang Anda temui. Anda akan menemukan kebahagiaan setiap hari dengan cara yang sederhana. 

Demikian tadi 10 kebiasaan baik yang bisa Anda mulai di pagi hari. Semoga senantiasa optimis dan bersemangat dalam menakhlukkan tantangan setiap harinya. Tetap semangat! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *